Kamis, 21 Juni 2012

Jangan Seenaknya Copy-Paste Tulisan Orang Lain !!!

"Jadilah Blogger yang Beretika"


Assalamualaikum Wr.Wb

Selamat Malam teman - teman. Wah rasanya masih ingin lama - lama di Banjar kalau begini. Berlibur dan menetap di daerah sendiri membuat saya bahagia. Ditambah selalu ditemani orang tua terus. Hehe

Saya sering melihat beberapa blog yang memiliki content postingan yang isi postingannya itu adalah hasil karya tulisan orang. Kasian kan para penulis yang mempunyai karya tulisan tau - tau diambil seenaknya oleh para Plagiat. Jangan Seenaknya Copy-Paste Tulisan Orang Lain doong !!!

Saya tahu dan memang Hak Cipta itu hanya milik Allah, jadi jangan seenaknya copy paste tulisan orang lain dong. Jadilah BLOGGER yang mempunyai ETIKA, kalau mau copy paste tulisan orang lain sebaiknya minta izin. Ngomong - ngomong soal copy paste, tindakan ini sudah menjamur ke semua orang bahkan blogger juga kena. Nah coba kalian lihat, di Swedia Copy Paste di resmikan menjadi sebuah agama baru, nih artikelnya Disini.

Kali ini saya akan membahas tentang tata cara yang benar untuk melakukaan copy paste tulisan orang lain agar tidak menimbulkan masalah :

  1. Biasakan untuk menyelipkan link sumber artikel yang kita copy kebanyakan copaser enggan melakukan hal ini karena takut ketahuan kalau artikel tersebut hasil copy paste.

  2. Cobalah untuk merubah konten atau isi artikel yang di copy minimal 40% berbeda dari yang asli.

  3. Sebelum mencopy cobalah perhatikan baik-baik dan pelajari artikel tersebut sampai anda bisa dan paham betul, jangan sampai kejadian asal copas terus ada yang bertanya di blog kita perihal artikel tersebut. Tidak lucukan masa kita harus bertanya balik kepada penulis aslinya.

  4. Jangan lupa minta izin pada penulis asli artikel yang kita copy. Biasanya mereka lebih menghargai orang yang seperti ini yang berani berkata jujur.


So, jadilah blogger yang beretika baik. Hargai tulisan orang lain, jangan sembarangan copy paste. Kalau anda copy paste postingan orang lain secara sembarangan tanpa ada tata cara yang benar maka anda sama halnya mencuri karya orang lain

Itu saja yang bisa saya sampaikan, terimakasih Wassalamualaikum Wr.Wb

2 komentar:

  1. siap deh... lagian ngapain nulis di blog kok kopi paste

    BalasHapus
  2. septine.yuspita.201123 Juni 2012 pukul 12.36

    haha betul mas choirul :D

    BalasHapus